.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs : MTs.SA.AL-IDRUS
REPAKING
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : IX/II
Alokasi Waktu : 2x40 menit
(1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3.
Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar
B. Kompetensi Dasar
3.1. Menjelaskan pengertian beriman
kepada Qadla’ dan Qadar.
C. Indikator
Ø Menjelaskan pengertian beriman kepada Qadla’ dan Qadar.
Ø Menunjukkan
dalil naqli tentang beriman kepada Qadla’ dan Qadar.
Ø Menjelaskan perbedaan antara qadha
dan qadar Allah.
Ø Menjelaskan hubungan antara qadha
dan qadar Allah.
Ø Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar Allah seperti disebutkan
dalam al-Quran.
D. Nilai yang di Kembangkan
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
E. Tujuan Pembelajaran
Ø Siswa mampu menjelaskan pengertian beriman kepada Qadla’ dan Qadar.
Ø Siswa mampu Menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada
Qadla’ dan Qadar.
Ø Siswa mampu Menjelaskan perbedaan antara qadha
dan qadar Allah.
Ø Siswa mampu Menjelaskan hubungan antara qadha
dan qadar Allah.
Ø Siswa mampu Menyebutkan contoh-contoh qadha dan
qadar Allah seperti disebutkan dalam al-Quran.
F. Materi Pembelajaran
Ø
Iman kepada Qadla’
dan Qadar.
G. Metode Pembelajaran
Ø
Ceramah
Ø
Diskusi
Ø
Tanya jawab
Ø
Kerja mandiri
H. Skenario Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi
dan Motivasi :
§ Berdoa
§ Motivasi
§ Tanya jawab awal tentang Qodho dan qodar (Eksplorasi)
v Kegiatan inti
§ Siswa Membaca dan menelaah
berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada beriman kepada Qadla’ dan Qadar.dengan
benar.
§ Siswa mendiskusikan hasil telaah
§ Siswa bertanya
jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan pengertian beriman kepada beriman kepada Qadla’ dan Qadar.dengan
benar.(Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
§ Evaluasi melalui tes lisan
§ Penutup atau doa
|
10
50
20
|
v
Pemahaman Konsep
|
I. Sumber Belajar
Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX, Al-Qur’an dan terjemahnya Koran, majalah, Modul Aqidah PGA File, LKS Hasil kerja siswa
J. Assesment/Penilaian
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Menjelaskan pengertian iman kepada Qodho’ dan qodar
Ø Menunjukkan
dalil naqli tentang beriman kepada Qadla’ dan Qadar.
Ø Menjelaskan perbedaan antara qadha
dan qadar Allah.
Ø Menjelaskan hubungan antara qadha
dan qadar Allah.
Ø Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar Allah seperti disebutkan
dalam al-Quran.
|
Tanya jawab
Tes uraian
Tanya jawab
Tanya jawab
Tanya jawab
|
Tes lisan
Tes tertulis
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Ø Jelaskan pengertian iman kepada qodho; dan qodar !
Ø Tulislah dalil naqli tentang beriman kepada qodho’ dan qodar
!
Ø Jelaskan perbedaan antara qodho dan qodar!
Ø Jelaskan hubungan anatar qodho dan qodar!
Ø Berikan contoh qodho dan qodar !
|
Boyolali, .................................. 2013
Mengetahui Kepala Madrasah Guru
Mapel Aqidah Akhlak
KUSRONI. S.Ag SITI
KHOMSATUN. S.PdI
NIY. 14051984025 NIY.
14051984032
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs : MTs.SA.AL-IDRUS
REPAKING
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : IX/II
Alokasi Waktu : 2x40 menit
(1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3.
Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar
B. Kompetensi Dasar
3.2. Menunjukkan
bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar
C. Indikator
Ø Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya
Qadla’ dan Qadar melalui berbagai literatur
Ø
Menyebutkan
bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar melalui dalil naqli.
D. Nilai yang di Kembangkan
Ø Komunikatif
Ø Logis
Ø Bertanggung Jawab
Ø Gemar membaca
E. Tujuan Pembelajaran
Ø Siswa mampu menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya
Qadla’ dan Qadar melalui berbagai literatur
Ø Siswa mamp menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya
Qadla’ dan Qadar melalui dalil naqli.
F. Materi Pembelajaran
Ø
Bukti/dalil
kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar
G. Metode Pembelajaran
Ø Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Ø Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan
informasi tentang Bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar.
Ø Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
Ø Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
H. Skenario Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi
dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang Bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar. (Eksplorasi)
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam
kehidupan
v Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang Bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar
§ Siswa Membaca dan menelaah berbagai
literatur untuk menemukan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa
yang telah dibaca tentang akhlak tercela kepada diri sendiri.
(Elaborasi)
§ Siswa bertanya
jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan Bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
§ Penutup
|
10
50
20
|
v
Pemahaman Konsep
|
I. Sumber Belajar
Ø Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
Ø Al-Qur’an dan terjemahnya
Ø Koran
Ø majalah,
Ø Modul Aqidah PGA File
Ø LKS
Ø
Hasil kerja siswa
J. Assesment/Penilaian
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Menyebutkan
bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar melalui berbagai
literatur
Ø Menyebutkan
bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar melalui dalil
naqli.
|
Tes tulis
Tes Lisan
|
Uraian
Penugasan
|
§ Sebutkan bukti/dalil
adanya kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar melalui berbagai literatur!
§ Sebutkan bukti/dalil
adanya kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar melalui dalil naqli!
|
Boyolali, .................................. 2013
Mengetahui Kepala Madrasah Guru
Mapel Aqidah Akhlak
KUSRONI. S.Ag SITI
KHOMSATUN. S.PdI
NIY. 14051984025 NIY.
14051984032
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs : MTs.SA.AL-IDRUS
REPAKING
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : IX/II
Alokasi Waktu : 2x40 menit
(1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3.
Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar
B. Kompetensi Dasar
3. 3 Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan
dengan Qadla’ dan Qadar.
C. Indikator
Ø Menyebutkan tanda-tanda yang berhubungan dengan Qadla’
dan Qadar.
Ø
Menyebutkan
peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar.
Ø
D. Nilai yang di Kembangkan
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
E. Tujuan Pembelajaran
Ø Siswa mampu Menyebutkan
tanda-tanda yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar.
Ø Siswa mamp Menyebutkan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan
Qadar.
F. Materi Pembelajaran
Ø
Tanda dan peristiwa
yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar
G. Metode Pembelajaran
Ø Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Ø Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan
informasi tentang Tanda dan peristiwa yang
berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar.
Ø Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
Ø Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
H. Skenario Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi
dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang Tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar. (Eksplorasi)
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam
kehidupan
v Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang Tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan
Qadar (Elaborasi)
§ Siswa Membaca dan
menelaah berbagai literatur untuk menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa
yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar (Elaborasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa
yang telah dibaca tentang Tanda dan peristiwa yang
berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar (Elaborasi)
§ Siswa bertanya
jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan Tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan
Qadar (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
20
|
v
Pemahaman Konsep
|
I. Sumber Belajar
Ø Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
Ø Al-Qur’an dan terjemahnya
Ø Koran
Ø majalah,
Ø Modul Aqidah PGA File
Ø LKS
Ø Hasil kerja siswa
J. Assesment/Penilaian
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Menyebutkan tanda-tanda yang berhubungan dengan Qadla’
dan Qadar.
§
Menyebutkan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’
dan Qadar.
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
§ Sebutkan tanda-tanda yang
berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar?
§ Sebutkan peristiwa yang berhubungan
dengan Qadla’ dan Qadar!
|
Boyolali, .................................. 2013
Mengetahui Kepala Madrasah Guru
Mapel Aqidah Akhlak
KUSRONI. S.Ag SITI
KHOMSATUN. S.PdI
NIY. 14051984025 NIY.
14051984032
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs : MTs.SA.AL-IDRUS
REPAKING
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : IX/II
Alokasi Waktu : 2x40 menit
(1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3.
Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar
B. Kompetensi Dasar
3.4. Menunjukkan ciri-ciri perilaku
orang yang beriman kepada qadha dan qadar Allah.
C. Indikator
Ø Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha Allah
D. Nilai yang di Kembangkan
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
§ Tanggung Jawab
E. Tujuan Pembelajaran
Ø Siswa dapat menunjukkan
ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha Allah
F. Materi Pembelajaran
Ø
Ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha dan
qadar Allah
G. Metode Pembelajaran
Ø
Nonton Film :Nonton bareng film “LASKAR
PELANGI”
Ø
Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Ø
Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
Ø
Tanya jawab
H. Skenario Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi
dan Motivasi :
Ø Berdoa
Ø Menanyakan kepada siswa tentang Ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha dan
qadar Allah. (Eksplorasi)
Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran
v Kegiatan inti
Ø Nonton bareng film : “LASKAR PELANGI”
Ø Mendiskusikan tentang ciri orang yang beriman kepada Qodo dan Qodar
dalam film laskar pelangi (Elaborasi)
Ø Siswa menyimpulkan hikmah dari film “LASKAR PELANGI” (Elaborasi)
Ø Guru memberikan pengarahan dan penguatan (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
20
|
v
Pemahaman Konsep
|
I. Sumber Belajar
Ø Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
Ø Al-Qur’an dan terjemahnya
Ø Laptop
Ø LCD
Ø Modul Aqidah PGA File
Ø LKS
Ø Hasil kerja siswa
J. Assesment/Penilaian
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Menunjukkan
ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha Allah
Ø Menunjukkan
ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadar Allah
|
Tes lisan
Penugasan
|
Tanya jawab
Portofolio
|
§ Jelaskan ciri-ciri
perilaku orang yang beriman kepada qadha Allah!
§ Jelaskan ciri-ciri
perilaku orang yang beriman kepada qadar Allah!
|
Boyolali, .................................. 2013
Mengetahui Kepala Madrasah Guru
Mapel Aqidah Akhlak
KUSRONI. S.Ag SITI KHOMSATUN.
S.PdI
NIY. 14051984025 NIY.
14051984032
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs : MTs.SA.AL-IDRUS
REPAKING
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : IX/II
Alokasi Waktu : 2x40 menit
(1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3.
Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar
B. Kompetensi Dasar
3.4. Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap qadha dan qadar Allah.
C. Indikator
Ø Menunjukkan contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap qadha Allah
Ø
Menampilkan contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap qadar Allah
D. Nilai yang di Kembangkan
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
§ Tanggung Jawab
E. Tujuan Pembelajaran
Ø Siswa mampu Menunjukkan
contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap qadha Allah
Ø
Siswa mampu Menampilkan contoh sikap yang
mencerminkan keimanan terhadap qadar Allah
F. Materi Pembelajaran
Ø
Perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap qadha dan qadar Allah.
G. Metode Pembelajaran
Ø
Modification
Behaviour : Mengadakan perubahan tingkah laku beserta kontraknya
dengan siswa melalui reward sebagai
perangsangnya
Ø
Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Ø
Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
H. Skenario Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi
dan Motivasi :
Ø Berdoa
Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran
v Kegiatan inti
Ø Guru memjelaskan contoh perilaku tertib mengikuti les tambahan di
sekolah
Ø Siswa mendiskusikan manfaatnya mengikuti les tambahan di sekolah
Ø Siswa menyimpulkannya
Ø Guru memberikan penguatan dan pengarahan
Ø Guru mengadakan kontrak perubahan tingkah laku
v Kegiatan penutup.
Ø Evaluasi
Ø Pengisian lembar kontrak perubahan tingkah laku
Ø Penutup/doa
|
10
50
20
|
v
Pemahaman Konsep
v
Perubahan Perilaku
|
I. Sumber Belajar
Ø Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX
Ø Al-Qur’an dan terjemahnya
Ø Modul Aqidah PGA File
Ø LKS
Ø Lembar kontrak perubahan tingkah laku
Ø Benda-benda Reward
J. Assesment/Penilaian
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Menunjukkan contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap qadha Allah
Ø Menunjukkan contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap qadar Allah
|
Self assesment
Praktek
|
Tugas
Tagihan perilaku
|
Ø Catat manfaat yang kalian rasakan ketika rajin mengikuti
les tambahan di sekolahan
Ø Para siswa yang semangat dan rajin mengikuti les
tambahan tanpa absen sekalipun dan mendapat nilai bagus dalam mapel yang di
leskan dalam satu bulan akan mendapat hadiah!
|
Lembar
Kontrak Perubahan Tingkah laku
KONTRAK TINGKAH LAKU
Saya,………..pada
tanggal…………….menyatakan bahwa saya setuju melakukan hal-hal dibawah ini :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………..
…………………….
Tanda
tangan siswa
Siti Khomsatun, S.PdI
Usaha
saya dianggap berhasil bila :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Bila
saya telah berhasil melakukan hal di atas, maka saya akan mendapatkan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tanggal
berakhirnya kontrak :……………………………………………………...
……………………………. …………………………..
Tanda
tangan siswa
Siti Khomsatun,S.PdI
|
LEMBAR EVALUASI/PENILAIAN
NO
|
NAMA SISWA
|
PERILAKU YANG DI EVALUASI
|
RATA-RATA
|
||
|
|
ABSENSI KEHADIRAN
|
SEMANGAT DALAM PEMBELAJARAN
|
NILAI PRESTASI MAPEL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Penilaian :
Skor 100 – 91 Nilai A
Skor 90 – 81 Nilai B
Skor 80 – 71
Nilai C
Skor 71 - 0
Nilai D
Boyolali, .................................. 2013
Mengetahui Kepala Madrasah Guru
Mapel Aqidah Akhlak
KUSRONI. S.Ag SITI
KHOMSATUN. S.PdI
NIY. 14051984025 NIY.
14051984032
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs : MTs.SA.AL-IDRUS
REPAKING
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : IX/II
Alokasi Waktu : 2x40 menit
(1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4. Menerapkan
akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
B. Kompetensi Dasar
4.1. Menjelaskan
pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
C. Indikator
Ø Menjelaskan pengertian akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja
Ø Menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja
D. Nilai yang di Kembangkan
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
§ Tanggung Jawab
E. Tujuan Pembelajaran
Ø Siswa dapat Menjelaskan
pengertian akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Ø Siswa dapat Menjelaskan
pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
F. Materi Pembelajaran
Ø
Akhlak terpuji/karimah dalam pergaulan
remaja
G. Metode Pembelajaran
Ø Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Ø Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan
informasi tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
Ø Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
Ø Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
H. Skenario Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi
dan Motivasi :
Ø Berdoa
Ø Menanyakan kepada siswa tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.(Eksplorasi)
Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam
kehidupan
v Kegiatan inti
Ø Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian
dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja (Eksplorasi)
Ø Siswa membaca dan
menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya
akhlak terpuji dalam pergaulan remaja (Elaborasi)
Ø Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca
tentang pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja (Elaborasi)
Ø Siswa bertanya jawab dengan guru
tentang pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja (Elaborasi)
Ø Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø Memberikan tugas pengayaan
Ø Penutup
|
10
50
20
|
v
Pemahaman Konsep
|
I. Sumber Belajar
Ø Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
Ø Al-Qur’an dan terjemahnya
Ø Buku “SANG MAHA SEGALA MENCINTAI SANG MAHASISWA
Ø Koran
Ø Majalah
Ø Modul Aqidah PGA File
Ø LKS
Ø Hasil kerja siswa
J. Assesment/Penilaian
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Menjelaskan
pengertian akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Ø Menjelaskan
pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
Tes Lisan
Tes Tertulis
|
Tanya jawab
Penugasan
|
Ø Jelaskan pengertian akhlak terpuji dalam pergaulan remaja!
Ø Jelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja!
|
Boyolali, .................................. 2013
Mengetahui Kepala Madrasah Guru
Mapel Aqidah Akhlak
KUSRONI. S.Ag SITI
KHOMSATUN. S.PdI
NIY. 14051984025 NIY.
14051984032
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs : MTs.SA.AL-IDRUS
REPAKING
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : IX/II
Alokasi Waktu : 2x40 menit
(1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4. Menerapkan akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja
B. Kompetensi Dasar
4.2. Mengidentifikasi bentuk dan
contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
C. Indikator
Ø Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja
Ø Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja
D. Nilai yang di Kembangkan
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
§ Tanggung Jawab
E. Tujuan Pembelajaran
Ø Siswa dapat Menyebutkan bentuk
dan contoh-contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja,
Ø Siswa dapat Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja
F. Materi Pembelajaran
Ø
Bentuk dan contoh
akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
G. Metode Pembelajaran
Ø Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Ø Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan
informasi tentang Bentuk dan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
Ø Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
Ø Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
H. Skenario Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi
dan Motivasi :
Ø Berdoa
Ø Menanyakan kepada siswa tentang Bentuk dan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja. (Eksplorasi)
Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam
kehidupan
v Kegiatan inti
Ø Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang Bentuk dan
contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Ø Siswa Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja
Ø Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca
tentang Bentuk dan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Ø Siswa bertanya jawab dengan guru
tentang hal-hal yang masih belum jelas
(elaborasi)
Ø Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan Bentuk dan
contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø Memberikan tugas pengayaan
Ø Berdoa
|
10
50
20
|
v
Pemahaman Konsep
|
I. Sumber Belajar
Ø Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX
Ø Al-Qur’an dan terjemahnya
Ø Koran
Ø Majalah
Ø Modul Aqidah PGA File
Ø LKS
Ø Hasil kerja siswa
J. Assesment/Penilaian
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Menyebutkan
bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Ø Menunjukkan
ciri-ciri orang yang memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
Tes lisan
Tes Tertulis
|
Tanya jawab
Latihan soal
|
Ø Sebutkan bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja!
Ø Sebutkan ciri-ciri orang yang memiliki akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja ?
|
Boyolali, .................................. 2013
Mengetahui Kepala Madrasah Guru
Mapel Aqidah Akhlak
KUSRONI. S.Ag SITI
KHOMSATUN. S.PdI
NIY. 14051984025 NIY.
14051984032
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs : MTs.SA.AL-IDRUS
REPAKING
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : IX/II
Alokasi Waktu : 2x40 menit
(1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4. Menerapkan
akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
B. Kompetensi Dasar
4.3.Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak
sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
C. Indikator
Ø Menyebutkan nilai-nilai negatif
akibat perilaku pergaulan remaja yang
tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
D. Nilai yang di Kembangkan
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
§ Tanggung Jawab
E. Tujuan Pembelajaran
Ø Siswa dapat Menyebutkan
nilai-nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak
sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
F. Materi Pembelajaran
Ø
Nilai-nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak
Islam dalam fenomena kehidupan
G. Metode Pembelajaran
Ø
Nonton Film : Metode ini digunakan untuk
menunjukkan berbagai macam akibat negatif dari pergaulan remaja yang tidak
sesuai dengan akhlak islam dalam fenomena kehidupan.
Ø Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Ø Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
H. Skenario Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi
dan Motivasi :
Ø
Berdoa
Ø
Menjelaskan
tujuan pembelajaran
v Kegiatan inti
Ø Nonton Film tentang pergaulan remaja
Ø Siswa mendiskusikan tentang pengaruh pergaulan yang tidak sesuai dengan
akhlak islam yang ada dalam film tadi
Ø Siswa menyimpulkannya
Ø Guru memberi pengarahan dan penguatan hasil diskusi
v Kegiatan penutup.
Ø Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø Memberikan tugas pengayaan
Ø Berdoa /penutup
|
10
50
20
|
v
Pemahaman Konsep
|
I. Sumber Belajar
Ø Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX
Ø Al-Qur’an dan terjemahnya
Ø LAPTOP
Ø LCD
Ø Modul Aqidah PGA File
Ø LKS
Ø Hasil kerja siswa
J. Assesment/Penilaian
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Menyebutkan nilai-nilai negatif
akibat perilaku pergaulan remaja yang
tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
|
Tes Lisan dan tertulis
|
Tanya jawab dan kesimpulan hasil diskusi
|
Ø Sebutkan akibat-akibat yang dapat terjadi ketika dalam
pergaulan tidak sesuai akhlak islami?
|
Boyolali, .................................. 2013
Mengetahui Kepala Madrasah Guru
Mapel Aqidah Akhlak
KUSRONI. S.Ag SITI
KHOMSATUN. S.PdI
NIY. 14051984025 NIY.
14051984032
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs : MTs.SA.AL-IDRUS
REPAKING
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : IX/II
Alokasi Waktu : 2x40 menit
(1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4. Menerapkan akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja
B. Kompetensi Dasar
4.4. Menampilkan perilaku akhlak terpuji/karimah dalam pergaulan remaja
C. Indikator
Ø Menunjukkan contoh sikap akhlak terpuji/karimah dalam pergaulan remaja
Ø Menerapkan akhlak terpuji/karimah dalam pergaulan remaja
D. Nilai yang di Kembangkan
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
§ Tanggung Jawab
E. Tujuan Pembelajaran
Ø Siswa mampu Menunjukkan
contoh sikap akhlak
terpuji/karimah dalam pergaulan remaja,
Ø Siswa mampu Menerapkan akhlak terpuji/karimah dalam
pergaulan remaja
F. Materi Pembelajaran
Ø
Bentuk/contoh akhlak terpuji / karimah dalam pergaulan
remaja
G. Metode Pembelajaran
Ø
Modification
Behaviour :digunakan untuk mengubah perilaku
siswa melalui kontrak perubahan tingkah laku dengan berbagai reward sebagai rangsangannya.
Ø Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Ø Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
H. Skenario Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi
dan Motivasi :
Ø Berdoa
Ø Umpan balik tentang materi sebelumnya yang sudah disampaikan (Eksplorasi)
Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran
v Kegiatan inti
Ø Menjelaskan tentang bagaimana sikap yang baik ketika bertemu dengan
sesama teman (cara berbicara, cara memandang, cara bersalaman, cara
tersenyum, Body language)
Ø Menjelaskan manfaat sikap yang baik ketika bertemu dengan sesama teman
(cara berbicara, cara memandang, cara bersalaman, cara tersenyum, Body
language)
Ø Mempraktekkannya sikap yang baik ketika bertemu dengan sesama teman
(cara berbicara, cara memandang, cara bersalaman, cara tersenyum, Body
language) (Elaborasi)
Ø Memberikan penguatan untuk melaksanakan sikap yang baik ketika bertemu
dengan sesama teman (cara berbicara, cara memandang, cara bersalaman, cara
tersenyum, Body language) (Konfirmasi)
Ø Mengadakan kontrak perubahan tingkah laku
v Kegiatan penutup.
Ø Tanya jawab
Ø Pengisian lembar kontrak perubahan tingkah laku
Ø Penutup
|
10
50
20
|
v
Pemahaman Konsep
v
Perubahan Perilaku
|
I. Sumber Belajar
Ø Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX
Ø Al-Qur’an dan terjemahnya
Ø majalah,
Ø Lembar kontrak perubahan tingkah laku
Ø Reward
Ø Modul Aqidah PGA File
Ø LKS
Ø Hasil kerja siswa
J. Assesment/Penilaian
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Menunjukkan contoh sikap akhlak terpuji/karimah dalam pergaulan remaja,
Ø Menerapkan akhlak terpuji/karimah
dalam pergaulan remaja
|
Tes Lisan dan praktek
Tagihan perilaku
|
Tanya jawab dan demonstrasi
Perubahan perilaku
|
Ø Sikap apa yang kau tunjukkan ketika kamu bertemu dengan
temanmu?
Ø Barang siapa yang dalam dua bulan ini dia mampu menjaga
kerukunan pergaulan dengan teman-temannya, maka dia akan mendapatkan hadiah!
|
LEMBAR KONTRAK TINGKAH LAKU
KONTRAK TINGKAH LAKU
Saya,………..pada
tanggal…………….menyatakan bahwa saya setuju melakukan hal-hal dibawah ini :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………..
…………………….
Tanda
tangan siswa
Siti Khomsatun, S.PdI
Usaha
saya dianggap berhasil bila :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Bila saya
telah berhasil melakukan hal di atas, maka saya akan mendapatkan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tanggal
berakhirnya kontrak :……………………………………………………...
……………………………. …………………………..
Tanda
tangan siswa
Siti Khomsatun,S.PdI
|
LEMBAR EVALUASI/PENILAIAN
NO
|
NAMA SISWA
|
PERILAKU YANG DI EVALUASI
|
RATA-RATA
|
||
|
|
TUTUR KATA TERHADAP SESAMA TEMAN
|
SIKAP TINGKAH LAKU DENGAN SESAMA TEMAN
|
PENAMPILAN (CARA BERPAKAIAN,POTONGAN RAMBUT,DLL)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Penilaian :
Skor 100 – 91 Nilai A
Skor 90 – 81 Nilai B
Skor 80 – 71
Nilai C
Skor 71 - 0
Nilai D
Boyolali, .................................. 2013
Mengetahui Kepala Madrasah Guru
Mapel Aqidah Akhlak
KUSRONI. S.Ag SITI
KHOMSATUN. S.PdI
NIY. 14051984025 NIY.
14051984032
..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar